Senin, 01 Februari 2016

Jenis Jenis Tari Beserta Penjelasanya

Jenis Jenis Tari Beserta Penjelasanya

TARI TUNGGAL

*      Tari Panji Semirang merupakan tari kreasi baru tradisional Babad Bali yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler pada sekitar tahun 1942. Tarian yang merupakan salah satu contoh tari tunggal klasik ini menceritakan pengembaraan Galuh Candrakirana dalam mencari kekasihnya Raden Panji Inu Kertapati. Di kalangan mancanegara, tari panji semirang ini sudah cukup terkenal. Beberapa kali tarian ini bahkan pernah dipentaskan di festival-festival kesenian di luar negeri.

*      ari Gatot Kaca Gandrung adalah salah satu contoh tari tunggal yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Tari ini menceritakan tentang seorang ksatria dalam cerita Ramayana –yakni Gatotkaca, yang tengah dilanda asmara. Tari ini dimainkan oleh seorang penari laki-laki yang biasanya berbadan tegap dan mengenakan kostum khas Gatotkaca.

*      Tari Topeng Kelana diperkirakan sudah ada semenjak zaman Kerajaan Singasari dan dianggap merupakan tarian khusus yang dulunya hanya boleh dimainkan di dalam keraton. Sesuai dengan namanya, penari tarian ini pasti akan menggunakan topeng sebagai media pendukung.



 
*      Tari Gambir Anom adalah Tari yang berasal dari Jawa Tengah dan sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Islam ini mengisahkan tentang anak Arjuna yang tengah dimabuk cinta. Tari ini dimainkan oleh seorang pria berbusana khusus dengan gaya yang lemah lembut dan selama pementasan tarian akan diiringi musik khas Jawa yang sedikit rancak.



 
*      Tari Gambyong adalah salah satu tarian karya seniman kondang S. Maridi yang berasal dari daerah sekitar Surakarta, Jawa Tengah. Tari ini termasuk jenis tari tunggal yang dulunya hanya dimainkan oleh seorang penari.

*      Tari Golek Menak adalah contoh tari tunggal yang berasal dari daerah Kesultanan Jogjakarta. Tarian ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada sekitar tahun 1940-an karena terinspirasi dari pertunjukan seni wayang golek yang disaksikannya. Tarian yang juga memiliki sebutan Beksa Golek Menak dan Beksan Menak ini hingga kini masih terus dipelajari

*      Tari Kancet Lasan adalah tari tunggal suku Dayak Kenyah, Kalimantan Timur. Penari Kancet Lasan adalah seorang wanita. Gerak dan posisi tari Kancet Lasan sama dengan tari Kancet Ledo. Namun, penari Kancet Lasan tidak menggunakan gong dan bulu-bulu burung Enggang. Penari Kancet Lasan menggunakan posisi merendah dan berjongkok atau duduk dengan lutut menyentuh lantai.

*      Tari tor tor berasal dari dearah Batak yang merupakan tarian khas tunggal nusantara dengan gerakan tangan dan badan. Pada mulanya tari tunggal ini berfungsi sebagai pengisi acara adat dan keagamaan namun seiring perkembangan zaman tari tersebut zuga berfungsi untuk mengisi acara pesta siriaon dan juga hiburan atau menyambut tamu.

*      Tari Jaipong merupakan salahs satu contoh dari seni tunggal nusantara yang berasal dari daerah Jawa Barat. Tari ini memiliki unsure keceriaan, erotis, humoris, spontanitas, semangan dan kesederhanaan. Tari jaipong ini diiringi dengan alat music yang khas seperti gamelan, kecapi, saron, gong dll.

*      Tari Baris Tunggal merupakan juga tari kepahlawanan, mempertunjukkan jiwa keprajuritan dan juga dalam memainkan senjata dalam perang, sebuah tarian kedewasaan jasmani, gerakan-gerakan tarian menununjukkan kewibawaan seorang prajurit dalam setiap langkahnya yang tegap dan berwibawa. Kematangan jiwa tercermin dari gerak langkah yang dinamis dan tatapan mata yang dalam dan karakter yang kuat.



TARI DUET/BERPASANGAN

*      Tari Serampang yang diciptakan oleh sauti ini menggambarkan atau mengisahkan cinta suci yang terjalin dari pandangan pertama hingga ke pelaminan. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan. Tari ini diiringi oleh lagu Serampang dua belas,biola atau akordeon,gendang, dan sebuah gong (tawak tawak) . 

*      Zapin berasal dari bahasa arab yaitu "Zafn" yang mempunyai arti pergerakan kaki cepat mengikut rentak pukulan. Zapin merupakan khazanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan.         

*      Tari teruna jaya adalah suatu tarian yang berasal dari daerah Bali Utara  (Buleleng) yang melukiskan gerak-gerak seorang pemuda yang menginjak dewasa, sangat emotional, tingkah atau ulahnya senantiasa untuk menarik  hati wanita. Tari Teruna Jaya termasuk tari putra keras yang biasanya ditarikan oleh penari putri. Tari ini merupakan ciptaan Pan Wadres dalam bentuk Kebyar Legong yang kemudian disempurnakan oleh I Gede Manik.

*      Tari Oleg dapat berarti gerakan yang lemah gemulai, sedangkan tambulilingan berarti kumbang pengisap madu bunga. Tari Oleg Tambulilingan melukiskan gerak-gerik seekor kumbang, yang sedang bermain-main dan bermesra-mesraan dengan sekuntum bunga di sebuah taman. Tari Oleg Tambulilingan, yang semula dinamakan Tambulilingan Mangisep Sari, merupakan ciptaan I Ketut Mario dari Tabanan pada tahun 1952 atas permintaan John Coast (dari Amerika).

*      Tari Margapati ini berasal dari kata "Marga". Di Bali, kata marga adalah sebutan dari kata "jalan" atau "margi" seperti "Marga Tiga" yaitu jalan simpang tiga dan "pati" merupakan kematian atau meninggal dunia sehingga tari ini mungkin berarti jalan menuju kematian

*      Tari Belibis mengisahkan Prabu Angling Dharma yang dikutuk istrinya menjadi seekor burung belibis. Dalam pengembaraannya, ia bertemu dengan sekawanan burung belibis, namun ia tidak diterima dalam kelompok itu karena bisa berbicara seperti manusia. Gerak tari ini menunjukkan penampilan yang menarik dan harmonis

*      Tari Joged yang dalam pementasannya membawakan suatu lakon dan diiringi dengan gamelan tingklik bambu yang berlaras Pelog, yang disebut Gamelan Joged Pingitan. Disebut Joged Pingitan karena di dalam pementasan tarian ini ada bagian-bagian yang dilarang (dipingit) yaitu pengibing hanya bisa menari untuk dapat mengimbangi gerak tari yang ditimbulkan oleh penari joged dan tidak boleh menyentuh penarinya. Repertoir yang biasa dijadikan suatu lakon adalah kisah Prabu Lasem dan di beberapa tempat ada juga yang mengambil cerita Calonarang. Berdasarkan data-data yang ada, joged ini muncul di Bali sekitar tahun 1884. Semula adalah tarian hiburan bagi raja yang konon penari-penarinya adalah para selir.

TARI KELOMPOK

*      Tari Pendet adalah salah satu tarian selamat datang atau tarian penyambutan yang khas dari Bali. Tarian ini merupakan salah satu tarian tradisional dari Bali yang sangat terkenal dan sering ditampilkan berbagai acara seperti penyambutan tamu besar dan acara budaya lainnya. Tari Pendet ini biasanya dimainkan oleh para penari wanita dengan membawa mangkuk yang berisi berbagai macam bunga yang menjadi ciri khasnya.

*      Tari Datun Tari yang  menjadi ikon  suku Dayak Kenyah ini hanya ditarikan oleh wanita karena  gerakannya lemah gemulai namun tetap dinamis serta   musik pengiringnya menggunakan 2 alat  musik khas suku ini yaitu Jantung Utang   dan Sampe. Juga yang menjadi menarik  kostum yang dipakai penari dipenuhi ornamen khas suku ini. Mulai dari bulu burung enggang manik manik hingga asesoris lainnya. 

*      Tari Cakalele  merupakan tarian tradisional Maluku  yang dimainkan oleh sekitar 30 laki-laki dan perempuan. Para penari cakalele pria biasanya menggunakan parang dan salawaku, sedangkan penari wanita menggunakan lenso (sapu tangan).

*      Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan. Tari Piring merupakan sebuah simbol masyarakat Minangkabau. Di dalam tari piring gerak dasarnya terdiri daripada langkah-langkah Silat Minangkabau atau Silek.

TARI MASAL

*      Tari Legong  mulai muncul pada pertengahan abad ke-17. Pada waktu iti Bali dipelintah oleh beberapa Raja. Puri adalah salah satu tempat untuk menciptakan tabuh dan tari baru dan mementaskannya pada Zaman itu. Menurut lontar Dewa Agung Karna, putra raja pertama kerajaan Sukawati pada pertengahan abad ke-17, ia melihata bayangan bidadari menari. Dari sinilah diciptakan tari Legong.

*      Tari Kecak adalah jenis tarian Bali yang paling unik karena tidak diiringi oleh alat music atau gamelan, melainkan diriingi dengan paduan suara oleh sekolompok penarilaki-laki yang berjumlah ± 70 orang.Tari kecak berasal dari tarian sacral yang sering disebut tari Sang Hyang yaitu tarian yang dipertunjukan hanya untuk waktu-waktu tertentu pada saat upacara keagamaan

*      Tari Baris Gede adalah tarian sakral yang dipentaskan pada upacara keagamaan di pura Bali. Tari Baris Gede merupakan tarian para pria bersifat gagah perkasa . Tari Baris yang merupakan tarian upacara sakral, sesuai namanya Tari Baris, berasal dari kata bebaris yang artinya barisan pasukan prajurit dimana dalam tarian baris ini digambarkan ketangkasan pasukan prajurit.
TARI LAKON

*      Tari Wayang Wong pada dasarnya adalah seni pertunjukan topeng dan perwayangan dengan pelaku-pelaku manusia atau orang (wong). Dalam membawakan tokoh-tokoh yang dimainkan, semua penari berdialog, semua tokoh utama memakai bahasa Kawi sedangkan para punakawan memakai bahasa Bali. Pada beberapa bagian pertunjukan, para penari juga menyanyi dengan menampilkan bait - bait penting dari Kakawin.

*      Tari Calonarang Tari ini adalah tari ritual dan magis yang pada intinya merupakan paduan dari tiga unsur penting, yakni Unsur Babarongan diwakili oleh Barong Ket, Rangda dan Celuluk, Unsur pengambuhan diwakili oleh Condong, Putri, Patih Palrgongan, dan Patih Keras dan Unsur Palegongan diwakili oleh Sisiya-sisiya (murid-murid)

Mungkin ini cocok untuk tugas sekolah. Untuk gambar'nya bisa di ccari di Google Images ;)


1 komentar: